Jembatan Gantung Tertinggi di muka bumi

Bookmark and Share




Presiden Meksiko Felipe Calderon meresmikan jembatan gantung tertinggi di muka bumi yang dinamakan Jembatan Baluarte. Jembatan ini membentang di atas jurang di pegunungan Sierra Madre yang memiliki kedalaman 403 meter.

Jembatan ini akan menjadi bagian dari jalan lintas baru yang memotong jarak antara Mazatlan di Pantai Pasifik ke Durango di pedalaman Meksiko. Sedemikian tingginya jembatan ini, sehingga Menara Eiffel pas berada di bawah bentangannya.

"Proyek ini akan menyatukan rakyat di sebelah utara Meksiko tak seperti sebelumnya," kata Presiden Calderon dalam upacara peresmian pada Kamis 5 Januari 2012 itu.

Peresmian ini kemudian diiringi anugerah Rekor Dunia Guinness yang diserahkan langsung pada Calderon. Jembatan ini resmi mengalahkan pemegang rekor sebelumnya, Jembatan Millau Viaduct di Prancis.

Jembatan sepanjang 1,124 kilometer ini merupakan bagian dari perayaan 200 tahun kemerdekaan Meksiko dari Spanyol. Jalan lintas baru ini baru rencana dioperasikan tahun ini juga, yang diharapkan bisa mendorong pariwisata dan pe
rdagangan di kawasan itu.

Sebelum ada jalan ini, jalur penghubung Mazatlan-Durango dikenal sebagai jalan berliku-liku yang disebut sebagai "tulang punggung setan" yang menyiratkan kesulitannya.

Selain Baluarte, terdapat delapan jembatan lain yang memiliki ketinggian di atas 300 meter dan 60 terowongan. Berkat jalur baru ini, perjalanan antara dua kota ini diperkirakan tinggal menjadi 6 jam perjalanan darat. Lebih jauh, BBC melaporkan, jalur ini menjadi sebuah jalan lintas penghubung pantai Pasifik dan Atlantik.